Tentang Kami


 
Usaha abon ikan ini kami mulai sekitar bulan Agustus 2012. Berawal dari keinginan untuk membuat menu yang sehat, praktis, dan tahan lama, selain itu juga kebutuhan untuk menambah income tambahan bagi keluarga.

Abon ikan menjadi pilihan kami karena gizinya yang baik, harganya yang terjangkau dan mudah di dapat di pasaran. Proses pengolahan abon ikan kami lakukan secara manual di rumah, peralatan yang kami gunakan pun masih sederhana dan seadanya. Namun demikian, produk abon yang kami buat ternyata mendapat respon yang baik dari lingkungan sekitar.

Dalam satu minggu, kami dapat mengolah 20-30 kg ikan segar. Penjualan kami juga mengalami peningkatan setiap bulan. Bahkan untuk bulan Oktober 2012, kami mampu mengolah 120 kg ikan segar menjadi abon. Hal inilah yang memotivasi kami untuk mengembangkan usaha  pembuatan abon ikan ini.

TUJUAN DAN MAKSUD DIDIRIKANNYA USAHA
  • Maksud dan tujuan didirikannya usaha ini dalam rangka mengembangkan produksi dan penjualan abon ikan agar produk kami dapat dikenal oleh masyarakat luas.
  • Membuka lapangan usaha baru dan pemberdayakan ibu rumah tangga

SUMBER BAHAN BAKU DAN PERMODALAN

Bahan Baku

Bahan baku pembuatan abon lele menggunakann ikan lele segar yang masih hidup, bahan baku ini didapat dari langganan yang biasa kami beli di pasar atau dari peternbak lele, dalam pemilihan bahan baku kami memilih ikan lele dengan berat 1 kg berisi 2 atau 3 ekor ikan lele, karena ikan lele dengan berat seperti itu adalah ukuran yang maksimal dalam pembuatan abon baik dari daging ikannya maupun rasanya.

Permodalan

Modal awal diperoleh dengan cara patungan dari 4 orang yang masing masing besarnya Rp 500.000,- , dari uang ini kemudian di gunakan untuk membeli alat serta bahan baku juga biaya produksi

SUMBER TENAGA

Produksi abon ikan  sangat dibutuhkan tenaga  kerja yang trampil dan paham betul teknik membuatnya, karena memang untuk memproduksi abon ikan ini diperlukan kesabaran, telaten dan teliti, tidak mudah memang mengajarkan orang lain yang belum mengerti, pekerjaan ini gampang gampang sulit, terkadang tenaga yang kita gunakan menganggap mudah sepele maka hasil akhir yang didapat tidak maksimal dan tidak sesuai dengan standar yang sudah ditentukan, merasakan sulitnya mendapatkan tenaga kerja sesuai keinginan dan kebutuhan maka tenaga yang di gunakan adalah teman teman yang tergabung dalam pendiri usaha ini yang terdiri dari 4 orang dan dalam pelaksanaannya ada pembagaian tugas masing masing :
  • Bagian  belanja
  • Bagian membersihkan ikan
  • Bagian menumis
  • Bagian menggoreng
  • Bagian menggemas 
  • Bagian penjualan/pemasaran dan mengantar barang

Dalam mengolah abon ikan ini masih sederhana tetapi kami sudah memiliki spiner untuk pengeringan abon.

PEMASARAN

Dalam memasarkan produk kami  baru memanfaatkan jalur persaudaraan dan kerabat dekat, serta berjualan saat ada acara acara perkumpulan berlangsung ( arisan, pengajian, rapat), kami juga menjual saat pasar Jum'at di gelar.

VISI USAHA
  • Menjadi perusahaan penghasil abon yang mampu bersaing di pasar global.

MISI USAHA
  • Menumbuh kembangkan gemar makan ikan di masyarakat
  • Meningkatkan mutu  dan kualitas abon ikan
  • Memperluas jaringan dalam penjualan/ pemasaran abon ikan
  • Menciptakan management  pengolahan abon yang baik